Review Xiaomi Pocophone F1, Smartphone Murah Spesifikasi Luar Biasa

Review Xiaomi Pocophone F1Review Xiaomi Pocophone F1, Smartphone Murah Spesifikasi Komplit, Xiaomi melalui sub-brand terbarunya, yaitu Pocophone merilis smartphone super cepat yang dibanderol dengan harga yang tidak masuk akal. Ponsel tersebut diberinama Pocophone F1, berbekal tenaga chipset Snapdragon 845, harga Xiaomi Pocophone F1 varian paling murah hanya dijual Rp 4,5 juta saja di Indonesia.

Dengan begitu, Pocophone F1 menjadi smartphone dengan Snapdragon 845 paling murah, karena para pesaing lainnya pasti memiliki banderol harga di atas Rp 6 jutaan. Tidak hanya sisi performa, berbagai fitur menarik lainnya juga turut hadir, apa sajakah itu? lalu, apa sebenarnya rahasia dibalik harga Xiaomi Pocophone F1 yang bisa dibanderol murah? yuk simak review Pocophone F1 selengkapnya berikut ini.

Layar & Desain

Seperti kebanyakan ponsel terbaru saat ini, Pocophone F1 juga mengusung layar jumbo berukuran 6,18 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.246 piksel). Namun salah satu hal yang membuatnya bisa dijual murah adalah dari panel layar yang digunakannya, Pocophone F1 masih memanfaatkan panel LCD, berbeda dengan ponsel flagship lainnya yang sudah menggunakan panel OLED atau AMOLED yang kualitasnya memang sangat baik dibandingkan layar LCD.

Jika kalian terbiasa dengan smartphone berlayar OLED, pasti dapat membedakannya, kalian bakal menyadari bahwa layar LCD memiliki tone warna dan kontras yang tidak terlalu tajam. Untuk pelindung layar, Pocophone F1 sudah dilindungi oleh antigores Gorilla Glass, namun tidak disebutkan versinya, dugaan saya adalah Gorilla Glass 3.

Mengikuti tren zaman sekarang, ponsel ini juga memberi sentuhan notch alias poni yang ukurannya cukup lebar, mirip dengan iPhone X. Poni tersebut menjadi tempat bagi kamera depan, speaker dan sensor infrared untuk face recognition.

Bodi Pocophone F1 ini terbilang cukup tebal dengan ketebalan 8,8 mm, ada pula ukuran panjang seluas 155,5 mm dan lebar 75,3 mm serta bobot 180 gram. Kemudian hal lain yang membuatnya bisa dijual murah adalah material yang membalut bodinya, Pocophone F1 ini tidak dibalut dengan bahan kaca, melainkan bahan policarbonate alias plastik yang biasa digunakan smartphone kelas menengah ke bawah.

Kamera

Sektor kamera yang disajikan oleh Pocophone F1 juga cukup menggiurkan, di belakang bodi tersemat modul dual kamera yang memiliki resolusi 12 megapiksel dengan bukaan lensa f/1.9, lalu kamera satunya lagi dengan resolusi 5 megapiksel dengan aperture f/2.0. Kamera ganda tersebut tentunya sudah mampu mengambil gambar dengan efek bokeh pada latar belakangnya.

Tidak hanya itu, dual kamera tersebut juga dibekali dengan sensor Sony IMX363 dan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Sehingga kamera Pocophone F1 ini mampu membidik gambar dan kemudian diproses secara otomatis untuk pengaturan warnanya agar hasil jepretannya lebih maksimal.

Kemampuan merekam videonya sudah 4K (2160p@30fps), lalu ada juga opsi perekaman video 1080p@30 fps yang dimaksimalkan dengan EIS akan hasilnya lebih stabil alias tidak banyak getaran atau goyangan. Beralih ke depan bodi, tertancap kamera selfie dengan resolusi yang sangat tinggi, yaitu 20 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan mampu merekam video dengan kualitas 1080p@30 fps.

Hardware

Nah, sektor hardware menjadi hal yang paling disorot oleh banyak orang, dengan harga berkisar Rp 4,5 juta hingga Rp 5,2 juta, Pocophone F1 sudah ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 845. Di Indonesia, tersedia varian dengan RAM 6 GB dan memori penyimpanan 64 GB dan 128 GB. Namun jika merasa kurang, kalian bisa menambahkan microSD hingga maksimal 256 GB, hanya saja kalian harus mengorbankan slot SIM 2, karena ponsel ini mengusung konsep dual SIM hybrid.

Chipset tersebut di dukung GPU adreno 630 yang tentunya mampu melibas berbagai game saat ini yang membutuhkan kualitas grafis tinggi sekalipun. Hebatnya, Pocophone F1 ini dibekali dengan sistem pendingin cairan alias Liquid Cooling System, sehingga tidak perlu takut kepanasan saat bermain game.

Biasanya, performa smartphone akan semakin melambat jika mengalami panas yang berlebih akibat bermain game atau aktivitas lainnya, sehingga teknologi pendingin liquid bisa menjadi solusi yang tepat. Gilanya, Skor AnTuTu Pocophone F1 ini mencapai 291.303, skor tersebut jauh lebih tinggi ketimbang Oppo Find X atau Samsung Galaxy S9.

Kemudian untuk sumber daya, terbenam baterai berkapasitas jumbo 4.000 mAh yang sanggup bertahan seharian penuh dalam pemakaian normal, dilengkapi juga fitur Fast Charging berupa Quick Charge 3.0 guna mempercepat proses pengisian daya baterai.

Konektivitas & OS

Disektor jaringan, tentu saja Pocophone F1 ini sudah mendukung jaringan WiFi, 3G HSPA dan 4G LTE. Kemudian berbagai perlengkapan data lainnya yang turut menyertai ada Bluetooth v5.0 dengan teknologi A2DP, lalu ada GPS berteknologi GLONASS dan A-GPS. Kemudian hadir juga lubang USB 2.0 dengan dukungan USB Type-C dan USB OTG.

Hanya saja ponsel ini tidak menyediakan fitur NFC, hal ini juga dilakukan agar harga Pocophone F1 dapat ditekan menjadi murah. Sebagai sistem keamanan, Xiaomi Pocophone F1 ini dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di bagian punggung, selain itu pengguna juga bisa memanfaatkan fitur face recognition yang terintegrasi dengan kamera depan.

Sistem operasi yang dijalankannya adalah Android 8.1 Oreo dengan sentuhan MIUI 9.5 yang antarmukanya sudah dikostumisasi dan akan menjadi ciri khas brand POCO untuk kedepannya.