Review Oppo Find X Flagship Berkamera Tersembunyi Performa Terbaik

Review Oppo Find XReview Oppo Find X Flagship Berkamera Tersembunyi Performa Terbaik, Oppo Find X memiliki kamera tersembunyi dengan sistem pop-up, kamera akan muncul ketika hanya akan digunakan alias pengguna membuka aplikasi kamera. Seri Oppo Find memang sudah cukup lama tidak terdengar, empat tahun berlalu sejak Oppo Find 7 dirilis, kini seri Find kembali hadir dengan memadukan unsur seni dan teknologi yang memang sudah menjadi ciri khasnya.

Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini mengenai review, spesifikasi lengkap dan harga Oppo Find X terbaru yang telah kami rangkum.

Layar & Desain

Sisi desain Oppo Find X memang menjadi keunggulan utamanya, tampak depan terlihat seperti dipenuhi oleh layar, karena bezel yang sangat tipis bahkan memiliki rasio layar ke bodi mencapai 87%. Seluruh bodi baik depan maupun belakang dibalut bahan material kaca Gorilla Glass 5 dan frame berbahan alumunium.

Namun ponsel ini tidak bisa dibilang tipis, karena memiliki ketebalan 9,4 mm dan memiliki bobot 186 gram. Disisi layar, ponsel ini hadir dengan bentangan 6,42 inci yang dilapisi layar AMOLED dan memiliki resolusi 1.080 x 2.340 serta kerapatan pixel mencapai 401 ppi. Aspek rasionya pun cukup aneh, yakni 19.5:9.

Layar yang besar dan resolusinya yang cukup tajam, cukup menarik untuk bermain game atau membuka konten multimedia seperti menonton film, karena pastinya bakal menawarkan pengalaman yang berbeda.

Kamera

Dengan harga Oppo Find X yang cukup tinggi, kita bakal disuguhkan kemampuan kamera yang cukup mantap dikelasnya. Ketika membuka aplikasi kamera, secara otomatis bagian kamera akan muncul dibagian atas dan dibelakang bodi kita akan langsung melihat kamera ganda yang masing-masing memiliki konfigurasi 16MP dengan sensor Sony IMX 519 dan 20MP bersensor Sony IMX376.

Kamera tersebut dilengkapi dengan phase detection autofocus dan dual-tone LED flash serta berbagai fitur seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, mode HDR dan panorama. Kamera tersebut juga mampu merekam video dengan kualitas hingga 2160p@30fps.

Bergeser kebagian depan, tersemat kamera selfie dengan resolusi 25 Megapixel yang memiliki bukaan lensa f/2.0. Sepertinya Oppo memang tidak ingin menghilangkan ciri khasnya sebagai penggagas “Selfie Expert”.

Hardware & OS

Beralih kesektor perangkat keras, Oppo Find X dipersenjatai dengan chipset yang cukup gahar, yakni Snapdragon 845 dengan prosesor octa-core di dalamnya, chipset ini memang kerap digunakan oleh smartphone papan atas. Prosesor tersebut dipadankan dengan memori RAM 8GB serta pengolah grafis handal Adreno 630.

Berbagai aplikasi atau game masa kini dengan grafik tertinggi pun dirasa mampu dilibas oleh Oppo Find X ini. Sistem operasi yang dijalankannya yaitu Android 8.1 Oreo dengan balutan antarmuka ColorOS 5.1.

Memori penyimpanan yang ditawarkannya sudah sangat besar, yakni 256 GB, namun Oppo tidak menyediakan slot memori eksternal. Selanjutnya untuk sumber daya, terbenam baterai jenis Li-ion dengan daya 3.370 mAh yang tidak dapat dilepas, dielngkapi fitur VOOC Flash Charge guna pengisian daya baterai yang cepat.

Konektivitas & Fitur Lain

Konektivitas Oppo Find X ini sudah dilengkapi dengan jaringan 4G LTE dan berbagai perlengkapan data lainnya, seperti Bluetooth 5.0 dengan A2DP, GPS berteknologi GLONASS dan A-GPS, port USB 2.0 dan NFC. Namun Oppo Find X ini menghilangkan sensor pemindai sidik jari dan menggantikannya dengan Face ID yang terintregrasi dengan kamera depan.

Bagi kalian para pecinta gagdet, Oppo Find X ini mungkin adalah perangkat yang wajib kalian coba dengan membawa inovasi baru, tidak menutup kemungkinan sistem kamera tersembunyi tersebut akan menjadi tren dimasa mendatang.